Ke Luar Negeri Sendirian ? Bisaaa ..

Satu setengah tahun yang lalu, kalo baca atau denger temen yang bisa pegi jalan jalan ke luar negeri, rasanya iriiii banget .. mikirnya, kapan ya aku bisa jalan jalan ke luar negeri ? tapi khan jalan jalan ke luar negeri tu mahal ?! dapet uang darimana aku buat ke luar negeri ?! ah, pokoknya dulu ngerasanya gak mungkin deh aku bisa jalan jalan ke luar negeri, kecuali nanti kalo aku udah bisa cari uang sendiri .. 😀

April 2010, setelah UAN SMA, mendadak jadi pengangguran dan gak ada kegiatan sama sekali, tau tau dapet kabar kalo Jay Park bakal bikin konser solo perdananya, September 2010, di Sentosa Island, Singapore .. dan kabarnya, harga tiket gak terlalu mahal, seharga SGD.102 atau sekitar Rp. 715.000. nah saking sukanya sama Jay, akhirnya kepikiran pengen pegi ..

Setelah blogwalking, cari tau gimana cara pergi ke luar negeri, gimana cara bikin paspor, dan segala macamnya, akhirnya menyadari, kalo untuk beli tiket pesawat ke luar negeri itu harus punya paspor terlebih dahulu. sedangkan untuk bikin paspor harus ada surat sponsor. dan saat itu aku bingung musti minta surat sponsor kemana .. secara statusku saat itu sudah lulus dari SMA, tapi belom resmi jadi mahasiswa. mau pake surat sponsor dari orangtua ? nggak mungkin banget dah. sambil nunggu statusku resmi jadi mahasiswa untuk dapetin surat sponsor biar bisa bikin paspor, akhirnya aku putuskan buat beli tiket konser dan booking hotel terlebih dahulu.

Karena aku gak punya credit card, makin bingunglah aku gimana cara buat booking hotel. akhirnya setelah googling, aku nemu website yang menyediakan jasa untuk bantu booking hotel di singapore, dengan fee yang lumayan buesaaar. tapi yaah, karena masih buta dan maunya langsung beres, akhirnya aku pake jasa itu website. 😀

and finally, sekitar bulan agustus aku resmi jadi mahasiswa di salah satu universitas ternama di Jogjakarta. dan begitu aku resmi jadi mahasiswa, aku langsung urus pembuatan surat rekomendasi kampus untuk pembuatan paspor. sayangnya pengurusan surat rekomendasi kampus terkesan agak dipersulit, biasalah birokrasi, #halah 😀 .. setelah tiap hari bolak balik ke kantor akademik fakultas buat neror petugas akademik biar surat rekomendasiku cepet keluar, akhirnya setelah 2 minggu, surat rekomendasi itupun aku dapat ! yipiiiee, langsung deh meluncur ke kantor imigrasi, dan bela belain bolos kuliah, hahaha 😀

Syarat yang kudu disiapin buat bikin paspor antaralain:

  • KTP/Kartu Pelajar
  • Kartu Keluarga
  • Surat Sponsor (yang kalo mahasiswa bisa pakai surat rekomendasi dari kampus)
  • Akta Kelahiran
  • Materai 6000
  • Uang senilai Rp. 275.000 (waktu aku bikin, agustus 2010 sih segitu, tapi katanya sekarang udah turun harga jadi Rp. 225.000 tuh katanya)

*dan kalo gak salah inget, semuanya kudu difotokopi 2 lembar

nah, karena aku ngurus paspor sendirian, dan lewat jalur resmi, setelah masukin semua berkas ke loket penyerahan berkas, aku disuruh balik lagi seminggu kemudian buat interview dan foto .. dan akhirnya, pasporku keluar tanggal 31 Agustus 2010 ! finally .. 🙂

Setelah akhirnya punya paspor, aku langsung cepet cepet urus tiket pesawat. untungnya masih dapet tiket yang gak terlalu mahal .. kalo gak salah Jogja-Singapore-Jogja, untuk 24-26 September 2011, totalnya 1,5jt .. Yaa, lumayan mahal sih, tapi yaaah, khan aku juga gak jauh jauh hari belinya, makanya gak dapet tiket promo 😀

Daaaan, yaaah, akhirnya, 24 September 2010, pertama kalinya aku menginjakkan kaki di luar negeri, tepatnya di Singapore ! rasanya gak percaya juga sih waktu itu akhirnya bisa nyampe Singapore, sendirian pula ! yaaa, alhamdulillah, walau belom bisa dibilang udah kemana mana, seenggaknya aku pernah beberapa kali ke Singapore dan Malaysia .. dan semua biaya yang aku pake kemana mana selama ini juga gak terang terang minta ke orang tua, tapi nabung, nyisihin dari uang kiriman orangtua yang dikirim tiap minggu, karna aku belom punya penghasilan sendiri 😀 .. dan lagi, alhamdulillah sampe sekarang aku terbiasa urus semuanya sendiri, bahkan waktu pertama kali ke Singapore dan Malaysia pun aku pergi sendirian 😀 .. pergi sendirian keluar negeri nggak semengerikan yang beberapa orang bilang kok, hehehe 😀

Leave a Reply

