Selamat Jalan, Bapak..

Bapak Tuo, yang sering aku sama sepupu laen panggil Pak Uwo, atau Pak Wek, baru saja berpulang ke Rahmatulloh. Bapak bukan kakek kandungku, Bapak ini Saudara Ipar dari Ayahnya Ayah. Tapi walaupun gitu, Bapak sama Mamak deket banget sama keluarga besarku. Bapak sama Mamak udah kaya’ pengganti mbah kakung sama mbah uti sejak mbah kakung sama mbah uti nggak ada..

Bapak memang sudah sakit sejak beberapa waktu terakhir.. Stroke. Februari lalu, waktu aku mudik liburan smester awal, bapak masih lumayan sehat. Masih bisa jalan walaupun harus pake bantuan tongkat. Bapak masih bisa guyon sama cucu cucunya. Bapak masih bisa nungguin aku panen rambutan di depan rumah Bapak. Waktu itu, waktu aku pamit pulang ke Jogja, Bapak berulang kali cium aku.  Bapak juga sempet keliatan nangis waktu aku pamit pulang. Bapak bilang, mungkin itu kali terakhir Bapak bisa ketemu aku. Tapi aku berusaha yakinin Bapak kalo sebentar lagi aku bakal pulang lagi, masih bisa ketemu Bapak lagi..

Dan ya, lebaran kemaren, Bapak masih ada. Tapi bedanya, Bapak udah nggak bisa ngapa-ngapain. Bapak nggak perlu lagi tongkat buat bantu nyangga tubuhnya. Bapak udah nggak bisa berdiri lagi. Bapak udah nggak bisa guyon lagi. Dan yang paling bikin sedih, Bapak udah nggak bisa ngenalin dian lagi..

Lebaran kemaren, rasanya moment sungkeman nggak kaya’ sungkeman lebaran lebaran sebelumnya, yang setelah maaf maafan semua bisa ketawa bareng bareng. makan bareng bareng. Setelah Sholat Eid kemaren, rasanya penuh tangis, ntah tangis haru karna masih bisa sama sama, atau tangis sedih karna lihat kondisi bapak..

Dan hari ini, Senin, 27 Agustus 2012, 9 Syawal 1433 H, Bapak berpulang ke Rahmatulloh. Innalillahi wa inna ilaihi roji’un.. Mungkin ini yang terbaik. Biar bapak nggak kesakitan lagi. Biar bapak bisa istirahat dengan tenang.. Semoga Bapak dimudahkan Jalannya. Diterima segala amal ibadahnya. Dilapangkan dan diterangkan Jalan kuburnya..

Bapak, maafin dian, dian pulang ke jogja tanpa pamit sama Bapak.. Dian kemaren pulangnya buru-buru. Maafin dian ya Bapak.. Bapak istirahat yang tenang.. Bapak nggak akan kesakitan lagi di sana.. Dian sayang Bapak ..

Lebaran 2011 ..

Selamat Jalan Bapak .. Istirahat yang tenang 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s