homesick ?

tadi pulang kuliah rencananya mau nge-bengkel, abisnya si motor udah rasa-rasa berat aja tuh. ee, gataunya antrian service di bengkel langganan lagi banyak-banyaknya. udah deh, gajadi mbengkel, besok pagi aja pulang kuliah. abis tu, karna bengkelnya deket malioboro, sekalian deh, mampir malioboro mall, nyenek gitu sama dibul di J.Co..

sambil ngemil J.Pop, cerita-cerita sama dibul, soal homesick. kalo si dibul mah, dari dulu emang hampir gak pernah tu ngerasain homesick -ah ya, si dibul mah kalo homesick, kangennya sama rumah + hostfamily dia di USA, bukan sama rumah yang ada ayah, ibu, cichanya-. how about me ? hehe, kalo sekarang udah jarang banget homesick. kangen sih, pengen ketemu ayah, ibu, cicha.. kangen bareng-bareng, nonton tv, makan, guyon sama-sama. tapi bukan pengen pulang ke belitang. kalo di suruh pulang ke belitang tu udah males. tapi ya itu, pengen ketemu ayah, ibu, cicha aja.. -itu tetep aja masuk kategori homesick bukan sih ya ? hhe-.

tapi trus jadi inget sekitar empat tahun lalu, waktu awal aku di deportasi ke jogja. februari 2008. nggak ada angin, nggak ada asap (?), tanpa dikasih tau dulu, tiba tiba aja aku harus pindah ke jogja. pindah sekolah. mindahin hidup. waktu itu rasanya maraaah banget. rasanya benci banget sama ayah, yang ambil keputusan sendiri buat mindahin aku ke jogja. yaa, emang sih aku juga udah setuju buat pindah sekolah ke jogja. tapi waktu itu kesepakatannya nanti, waktu naek kelas sebelas, bukan seminggu kemudian.

inget banget, waktu itu hari jumat. berangkat sekolah kaya’ biasa, gak ada feeling jelek atau apa. tiba-tiba pas jam istirahat, ada temen bilang kalo dia lihat ayah sama bulek peni di kantor kepala sekolah. pas aku samperin ke kantor kepala sekolah, bulek peni cuma nunjukin surat pindah yang udah ditandatangani kepala sekolah. yang artinya mulai hari itu, aku resmi bukan lagi jadi siswa SMA Negeri 1 Belitang. speechless. cuma bisa nangis. kanget dong. lha perjanjian sebelumnya, aku pindah tu nanti, waktu naek kelas sebelas. sedangkan waktu itu, aku baru masuk minggu ketiga semester genap kelas sepuluh.

yang lebih bikin speechless lagi, waktu aku pulang sekolah, nyampe rumah, ternyata kamarku udah diberesin. tiket pesawat pun sudah siap. sudah fix, aku berangkat lusanya. sekalian bareng sama bulek santi bulek lina yang mau balik ke jogja. gak pake dianter ayah atau ibu.

waktu awal di jogja, aku tinggal di asrama sekolah. asramanya sih nggak seserem namanya. bukan asrama yang satu kamar isinya rame-rame. tapi malah kaya’ kos-kosan gitu. bagus malah. aku punya kamar sendiri, 4×4 meter. luas. tapi tetep aja, enam bulan pertama rasanya kaya’ tersiksa banget. tiap malem, selalu, nangis. walaupun di jogja aku banyak sodara, hampir tiap hari aku diajakin jalan-jalan sama mbak mbak dan bulek bulek, ya itu, tetep aja rasanya sedih banget. tiap malem nangis. tiap telp ayah ibu nangis. maunya pulaaaaang terus. pernah malah, ada libur seminggu, aku nekat pulang, pake bus, sendirian pula. jadi yaa, lama dan capek di jalan doang. tapi yaa, pokoknya pengen pulaaang terus.

enam bulan awal di jogja tu yaa, rasanya nggak enak bangetlah. rasanya marah sama ayah. dan karna hampir tiap hari nangis, jadinya sakit kepalaku sering banget kambuh. yang paling kerasa nggak enak itu soal makan. yang biasanya di rumah mau makan apa tinggal bilang, di asrama, makan aja rebutan sama senior. kalo kita telat ambil makan, ya udah, tinggal nasi sama kuah sop doang. hahaha.

tapi kalo sekarang, aku makasih sama ayah udah dideportasi ke jogja. kalo dulu aku nggak dipindahin, hahaha, nggak tau deh udah jadi apa. dulu mayan nakal siih, #ups 😀 udah nggak pengen pulang kalo sekarang mah. hhe 😀

Leave a Reply

