namanya juga musibah..

Beberapa hari sebelum lebaran Idul Adha, aku ngajakin diba nginep di rumah dinas Pakde Im di Wonosari, mikirnya sih daripada lebaran cuma berdua di Jogja. Dan si Diba setuju aja, itung itung kalo lebaran di rumah bude, pasti ada makanan, hehehe. Jadilah, kamis sore, setelah diba pulang kuliah, berangkat berdua naek motor ke Wonosari. naek motor berdua ke Gunung Kidul bukan pertama kalinya buat kita. Kita sering banget ke pantai cuma berdua, dan beberapa kali bolak-balik juga alhamdulillah aman aman aja..

Tapi enggak buat Jumat siang itu..

Setengah hari lebaran di rumah bude, setelah sholat Ied di Alun-Alun Wonosari, lihat pemotongan hewan kurban, bakar-bakar sate, makan mangga rame-rame, jam 1 siang aku siap-siap pulang ke Jogja sama Diba. Inget banget, aku pamit sama bude tu jam 1.15, bude bilang jangan pulang dulu, nanti aja pulangnya, jam dua’an, kalo udah agak nggak panas.. tapi aku yang udah excited banget pengen balik Jogja karna sorenya mau jemput Wahyu di airport, ngotot pulang.. Hari itu emang Wahyu terbang ke Jogja, aku janjiin bakal ajak dia liburan..

Setelah ngotot pamit pulang, akhirnya bude ijinin aku pulang. Dan waktu aku baru naek motor, bude ngingetin aku buat pake jaket. Tapi karena panas, aku nggak mau.. sumuk kataku. Dan kemudian, meluncurlah aku sama Diba, pulang ke Jogja..

Di Jalan, aku masih sempet berhenti di pinggir jalan buat balesin bbm Wahyu, cuma mau bilang aku lagi on the way pulang ke Jogja, have a safe flight and see you soon, kataku waktu itu..

Nggak jauh, dan nggak lama setelah itu, perasaanku nggak enak.. Aku nyium bau semacam bensin di sepanjang jalan setelah traffic light sebelum masuk ke Hutan Wanagama.. Waktu itu aku langsung tanya sama Diba, apa motor kita tankinya bocor ya ? takutnya kalo emang tanki motor kita yang bocor, takutnya nanti meledak.. Tapi setelah itu aku lihat jalanan basah dan licin. Darisitu aku sadar, ada tumpahan bensin/oli/solar di sepanjang jalan. Udah berusaha hati hati.. Pas lihat tulisan TAHURA, aku sempet hilang konsentrasi, mikir, apa ya kepanjangan Tahura ? nah, disitu, pas turunan, nggak tau kenapa aku ngerem. YAK. aku langsung sadar pasti aku bakal jatuh. Daripada aku jatuh keseret motor, jadi aku lepasin motorku tanpa sempat teriak. Rasanya cuma sepersekiandetik kemudian, waktu aku buka mata, aku sudah nyungsep di aspal.

Yang terpikir pertama kali waktu aku buka mata “aku nggak boleh kenapa-napa ! kalo aku kenapa-napa, Wahyu gimana ? Wahyu siapa yang jemput ?!”. Tapi beberapa saat kemudian, aku sadar, aku sama Diba ! Aku langsung nengok ke kiri, Diba masih dalam keadaan nyungsep, nyium aspal.. Aku langsung tereak, minta tolong orang-orang buat nolongin Adek.. Dan saat itu juga, aku lihat beberapa motor di belakang juga jatuh. Mungkin mereka jatuh karna juga kepleset ? Atau Mungkin mereka jatuh karna ngindarin nabrak aku yang udah duluan jatuh di tengah jalan ? Maaf.. Tuhan..

Aku sama Diba digotong beberapa orang ke pinggir jalan. Aku lihat tanganku dua duanya sobek. Tapi waktu itu aku masih mikir, kaya’nya aku masih bisa kok pulang ke Jogja. Aku nggak papa. Aku mau jemput Wahyu. Tapi kemudian, waktu aku lihat Diba, aku sadar, nggak mungkin. Kita kenapa-napa. Nggak mungkin aku bisa bawa Diba, di keadaan kita yang kaya’ gitu buat pulang ke Jogja. Diba matanya kebuka, tapi ditanya apapun dia diem aja, dia nggak jawab.. Aku takut. Akhirnya aku minta tolong Ibu di sebelahku buat ambilin handphoneku di saku kiri jeansku, tanganku sobek, nggak bisa ngambilnya.. Dan aku telpon bude, bilang kalo aku kecelakaan di Wanagama, di deket Plang TAHURA.. Dan aku bilang sama bude, orang-orang yang nolong aku mau bawa aku ke Rumah Sakit Nurrohmah, rumah sakit terdekat dari lokasi kecelakaan. Aku masih sadar. Aku bener bener dalam keadaan sadar..

Nggak lama kemudian, aku, Diba, dan Bapak yang juga jatuh itu dibawa ke Rumah Sakit naek mobil pickup yang lagi bawa kambing, hehe.. Mobilnya juga sempet berhenti sebentar di Kantor Polisi, lapor kalo ada yang habis kecelakaan.. Nyampe rumah sakit, langsung masuk IGD deh aku.. Aku sama sekali nggak pingsan. Bener-bener sadar. Lha di IGD, suster-suster sibuk nanganin lukaku, aku sibuk minta tolong Iyunx buat nyariin siapa gitu yang bisa dimintain tolong buat jemput Wahyu di Airport >,< Nggak tenang rasanya, bener-bener ngerasa bersalah nggak bisa jemput Wahyu >,<

Rasanya semuanya tu jalan cepet banget. Setelah selesai di IGD, aku sama Diba dibawa pulang ke rumah dinas Pakde Im (lagi). Dan ternyata karna Diba kepalanya sempet terbentur aspal, dia lupa sama beberapa hal.. Dia sempet lupa kalo hari itu lebaran.. Dia lupa kalo sebelum kecelakaan itu kita sempet bakar-bakar sate, makan-makan.. Dan aku takut. Takut adek kenapa-napa..

Akhirnya setelah sholat maghrib, aku sama Diba dianter ke Panti Rapih.. Diba langsung di CT-Scan, hasilnya nggak papa, tapi otaknya memar kata Dokter.. Dan beberapa hari, aku sama Diba numpang tidur di Panti Rapih, daripada di rumah kontrakan, nggak ada yang ngurusin..

Tapi setelah kecelakaan, aku jadi sangat merepotkan banyak orang.. Biasanya, kalo Diba sakit, aku yang ngurusin. Kalo aku yang sakit, ya Diba yang ngurusin. Nah ini, aku sama Diba sakit. Banyak banget orang yang direpotin.. Maaf ya semuanya .. Terimakasih banyak sudah mau direpotkan, hehe ..

Dan hari ini, udah lebih dari seminggu, lukaku belom kering juga.. Dalem banget sobeknya, lama sembuhnya kata suster.. Aku kangen bisa melakukan semuanya sendiri. Nggak pake ngerepotin orang lain.. Aku kangen bisa naek motor lagi, biar nggak terus-terusan naek taxi atau ojek lagi. Aku kangen sehat.. Ah, Sudahlah. Harusnya aku banyak-banyak bersyukur, kata seseorang. Iya, harusnya aku banyak bersyukur, bukan terus-terusan ngeluh..

Cepet sehat, Dian.. Biar bisa mandi gebyar-gebyur lagi, naek motor kemanapun, makan di luar lagi, keluyuran lagi. aaa, pokoknya semoga cepet sehat ! hehe 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s